Rabu, 09 Maret 2011

Seluk Beluk Game Engine

Game Engine... adalah istilah yang pasti sudah sering di dengar oleh para gamer sejati yang menghabiskan ratusan atau bahkan ribuan jam di depan komputer untuk bermain game.
Game Engine sendiri adalah sebuah perangkat lunak sistem yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game.
Sebuah game tidak akan menjadi sebuah mahakarya jika tidak ada game engine yang mampu memberikan visual yang menggiurkan. Game engine memberikan kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari  sistem rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem networking.
maka dari itu kenapa kita sangat membutuhkan game engine karena game engine menjadi elemen yang sangat penting dalam pengembangan sebuah proyek game.

Itulah penjelasan singkat tentang game engine.. selanjutnya saya akan menjelaskan tentang contoh dari game engine.
Beberapa contoh jenis game engine :

1. Freeware game engine/open source game engine
  • Blender
  • Golden T Game Engine (GTGE)
  • DXFramework
  • Ogre
  • Aleph One
  • Axiom Engine
  • Allegro Library
  • Box2D
  • Build Engine
  • Cube
  • Cube 2
  • DarkPlaces
  • jMonkeyEngine (jME)
  • Panda3D
  • Sphere
2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
  • Alamo
  • A.L.I.V.E
  • BigWorld
  • DXStudio
  • Dunia Engine
  • Euphoria
  • GameStudio
  • Jade Engine
  • Jedi
  • Medusa
  • RPG Maker VX
  • RPG Maker XP
  • RPG Maker 2003
  • RPG Maker 95
  • Vision Engine
itulah contoh-contoh game engine dari yang freeware (gratis) sampai yang commersial engine (berbayar).
lalu saya akan menjelaskan sedikit tentang OGRE , yg termasuk dalam game engine freeware :)

OGRE adalah singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine, yang berarti salah satu engine grafik 3D yang berorientasi kepada objek, ogre ditulis dalam bahasa C++. Engine grafik 3D tersebut dapat kita gunakan untuk membuat game karena OGRE memang didesain sedemikian rupa untuk tujuan berikut. Untuk merender grafis tiga dimensinya, OGRE menggunakan library atau pustaka Direct3D dan OpenGL. Library yang dibutuhkan agar kita dapat membuat game diantaranya : Sound, Networking, Input, Collision. Ogre tidak langsung dimuat dengan libarary tersebut. Meskipun Ogre memilki interface yang memudahkan pembuatan dan penggabungan dengan aplikasi yang sudah ada. Ogre tidak hanya terhenti dalam platform spesifik berdiri sendiri untuk pembuatan game.

sumber : sumber1, sumber2, sumber3

Tidak ada komentar: