Sabtu, 29 Oktober 2011

Forensik Mobile

Menurut para ahli, definisi forensic IT diantaranya:
  • Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.
  • Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.
  • Menurut Ruby Alamsyah (salah seorang ahli forensik IT Indonesia), digital forensik atau terkadang disebut komputer forensik adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital tersebut termasuk handphone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa.
Apa sebenarnya tujuan dari forensic IT ini? Tujuan utamanya adalah untuk mengamankan dan menganalisa bukti digital dengan menjabarkan keadaan terkini dari suatu artefak digital. Beberapa contoh bukti digital misalnya: e-mail, file bentuk image, video, audio, web browser bookmark, deleted file, registry suatu OS, logs, dll.

Apakah Digital Forensics?

Digital Forensics adalah istilah yang digunakan ketika digital seni yang dikumpulkan dari sebuah sistem komputer di forensically suara yang tepat. Dengan kata lain, seni digital seperti dokumen, spreadsheet, gambar dan email dapat diambil dari komputer, PDA atau jenis perangkat digital dengan kemampuan penyimpanan. Bahan-bahan tersebut kemudian dianalisis dan diawetkan. Operasi ini dapat sering dilakukan meskipun data telah sengaja terhapus. Digital Forensics prosedur akan mengizinkan forensik pemeriksa untuk mengungkapkan bukti digital, dan ditampilkan secara tepat waktu dan tanggal informasi yang telah dibuat, diinstal, atau di-download, serta ketika ia terakhir diakses. Walaupun kejahatan komputer yang pertama terjadi di tahun 1970-an, computer forensics masih relatif baru lapangan. Meskipun kami sekarang memiliki lebih banyak PC dan perangkat selular pengguna kemudian lamanya, permintaan Digital Forensics cepat meningkat. Komputer laptop, PDA dan ponsel dengan kemampuan menyimpan gambar, terhubung ke internet dan e-mail, lebih banyak dan lebih sering memerlukan kebutuhan Digital Forensics untuk menentukan tindakan yang akan diambil dalam kasus litigasi pidana, korporasi spionase, dan tuduhan pornografi anak, Demikian pula, tindakan terorisme serta praktik tdk puas karyawan dan perilaku kecurangan pasangannya, semua ada satu hal di Common mereka sering memanfaatkan sistem komputer dan perangkat mobile untuk membantu mereka dalam tindakan tidak etis dan kejahatan. Bukti yang meninggalkan kegiatan-kegiatan tersebut adalah mudah terdeteksi melalui prosedur digital forensics.


Digital Forensics atau Computer Forensics?

Pada masa lalu, komputer forensik penyelidikan telah PC dan Laptop sistem sebagai target utama mereka untuk pemeriksaan. Di dalam tahun-tahun sebelumnya, komputer bidang forensik telah dipaksa untuk memperluas jangkauannya, alat-alat dan teknik investigasi untuk tetap sejajar dari pribadi teknologi yang digunakan oleh masyarakat umum. Peralatan seperti Cell phones, PDA’s, Blackberrys dan sistem GPS digunakan setiap hari, dan dapat berisi informasi penting dari tes pesan sms, email, telepon dan log sebelumnya tujuan koordinat GPS. Oleh karena itu istilah Digital Forensics menjadi sangat populer sebagai komputer forensik dan memperluas lapangan juga digital analisis perangkat teknologi baru.


Apa yang dapat terampil digital forensik pemeriksa lakukan?

terampil digital forensik pemeriksa dapat memulihkan file yang telah dihapus dari komputer. Ia dapat melihat situs Web yang telah dikunjungi dari komputer tertentu bahkan setelah browser sejarah dan cache telah dihapus dan dihapus. Digital forensik pemeriksa dapat meninjau sebelumnya komunikasi yang dikirim dan diterima melalui pesan cepat dan chatting aplikasi seperti yahoo instant messenger dan msn messenger. Proses forensik yang juga akan mengembalikan dihapus atau tersembunyi gambar dan pesan email. Selain itu adalah yang forensik pemeriksa terlatih untuk menganalisa dan dihapus kembali membuat pesan teks dan log panggilan dari ponsel, PDA dan perangkat Blackberry.

SUMBER: KLIKKLIK


Tidak ada komentar: